Pages

Kamis, 29 Juli 2010

DAO (Database Access Objects) pada Visual Basic

                                                                                                            
DAO didasarkan pada Microsoft Jet database engine. Sehinga DAO sangat cocok secara optimal bekerja dengan Microsoft Jet (. MDB) database.

Bagi anda yang masih menyimpan project database lama dengan database MS-Acces, mungkin masih memakai DAO ini untuk pengkses database nya.

Mungkin saja anda mendapat tugas memaintenance program yang sudah lama ditinggalkan oleh programmer lamanya dan project tersebut masih menggunakan DAO.

Microsoft Access 2000 meliputi perpustakaan DAO versi 3,6, Ini adalah upgrade dari versi 3,5. DAO Versi 3.5 sangat sesuai dengan Access 97. (Arsitektur dasar dan fungsi sangat mirip antar versi)

DAO bergantung pada model obyek Workspace untuk berbagai jenis data akses. Objek Workspace dapat berisi sesi, keamanan, dan transaksi informasi. (objek Workspace mendefinisikan bagaimana aplikasi berinteraksi dengan data.)

Di bawah ini adalah gambar struktur objek DAO




Objek DBEngine

Objek DAO tingkat atas setelah Workspace adalah DBEngine. Anda dapat menggunakan metode CreateWorkspace untuk membuka sesi. Anda dapat mengatur properti DefaultType dari DBEngine objek tersebut agar Workspace terbuka tanpa adanya pengaturan CreateWorkspaceType tertentu.

Sifat DBEngine dan metode yang tersedia untuk Workspace menyediakan seperangkat inti fungsi DAO. Anda dapat menggunakan DBEngine untuk membuat dan mengelola database. Metode CreateDatabase menciptakan Workspace baru, dan Anda dapat menggunakan argumen pada metode ini untuk menetapkan urutan semacam database dan status enkripsi.

Anda juga dapat mengatur format versi dalam pemrograman database untuk membuat database yang kompatibel dengan versi Access sebelumnya.

Metode OpenDatabase membuka database yang sudah ada dalam sebuah objek Workspace. Setelah Anda membuat database, Anda dapat menerapkan metode Compact dan Repair untuk mengelola database.

DAO memungkinkan proses transaksi melalui DBEngine dengan tiga metode: BeginTrans, CommitTrans, dan Rollback. Transaksi adalah satu set operasi yang terjadi dalam mode semua-atau-tidak. Jika link dalam rantai operasi database gagal, Anda dapat membatalkan kembali semua operasi.

Sebagai contoh, jika sebuah bank transfer uang dari giro ke rekening tabungan, baik debet untuk memeriksa dan kredit untuk tabungan harus sukses agar pembukuan menjadi balance. Jika salah satu bagian gagal, maka semua transaksi harus dibatalkan.

Transaksi juga dapat mempercepat pemrosesan database dengan menulis batching set disk. Transaksi tersarang Anda dapat sampai dengan lima level. Beberapa sifat dan metode yang tersedia tergantung pada jenis kerja yang digunakan. Namun, tidak peduli dengan Workspace yang Anda gunakan, DBEngine berisi koleksi Kesalahan dan Workspace.



Errors Collection

Anda menggunakan Errors Collection dalam proses akses data. Errors Collection berisi nomor satu atau lebih kesalahan dan deskripsi dari pernyataan terakhir gagal. Errors Collection, seperti koleksi DAO lain, adalah berbasis nol. Jumlah properti nya menunjukkan jumlah kesalahan dalam koleksi, dan kesalahan individu memiliki jumlah item 0 melalui Count -1. Catatan terakhir dalam koleksi Kesalahan sesuai dengan Microsoft ® Visual Basic for Applications (VBA) objek Err.

Ketika Anda debug aplikasi Anda, Anda mungkin akan terbantu bila melakukan penghitungan koleksi Kesalahan. Hal ini untuk menyederhanakan pencarian sumber kesalahan atau solusi untuk kesalahan. Workspaces collection Anda menggunakan properti dan metode Workspaces collection untuk sesi referensi kerja individu.

Lebih Lengkapnya Kunjungi :
http://xbasicpro.com/training/vb6db/vb6_dao.aspx
    


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar